Home » Politik » Kerjasama dengan FBI, KPK Kantongi Bukti Aliran Dana E-KTP ke Fahri Hamzah

Kerjasama dengan FBI, KPK Kantongi Bukti Aliran Dana E-KTP ke Fahri Hamzah

Ngondoy.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan menjalin kerjasama dengan Federal Bereau Of Investigation (FBI) Amerika Serikat untuk mengusut aliran dana terkait kasus dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Aliran Dana E-KTP ke Fahri Hamzah

Aliran dana E-KTP ke Fahri Hamzah

Aliran Dana E-KTP ke Fahri Hamzah

Dalam kerjasama itu KPK mengaku telah mengantongi sejumlah alat bukti adanya indikasi aliran dana korupsi e-KTP ke sejumlah pejabat Indonesia.

Dana yang diduga mengalir ke pejabat itu berasal dari Johanes Marliem, salah satu saksi kunci korupsi e-KTP yang ditemukan tewas di Amerika Serikat.

“Kami sudah berkoordinasi dengan FBI dan akan terus berkoordinasi terkait pengumpulan bukti penanganan perkara ini (e-KTP). Sebagian bukti telah kita kantongi, “ujar Juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (5/10/2017).

Seperti diberitakan sebelumnya, Johanes Marliem sebelum ditemukan tewas, FBI pernah memeriksa Johanes terkait kepemilikan aset mewah dan tunggakan pajak di Amerika Serikat. Johanes Marliem adalah pelaksana pengerjaan software IT e-KTP.

Dia telah pindah kewarganegaraan Amerika Serikat. Di peradilan Amerika Serikat, Marliem mengatakan mendapat bayaran dari proyek e-KTP sebesar USD13 juta atau setara Rp130 miliar.

Pembayaran dengan rentang waktu  Juli 2011-Maret 2014. Marliem juga mengatakan pernah memberikan uang serta jam mewah kepada sejumlah pejabat Indonesia. Informasi yang dihimpun, uang sebesar USD700 ribu dan arloji senilai USD 135 ribu.

Jam tangan mewah itu diduga diterima Ketua DPR Setya Novanto. Marliem juga mengaku memberikan uang sebesar USD 1 juta kepada pihak ketiga yang kalah dalam tender e-KTP.

Febri mengatakan, pihaknya belum bisa membeberi rinci bukti terkait kasus e-KTP yang diperoleh dari FBI. Dia hanya menegaskan ada indikasi kuat aliran dana ke sejumlah pejabat di Indonesia.

“Ini juga menegaskan bahwa proses penanganan perkara indikasi korupsi e-KTP masih terus berjalan dan kami berkomitmen untuk menuntaskan itu, “tegasnya

Diskon untuk semua pasaran :
4D= 65%
3D= 59%
2D= 29%

Bayaran :
4D = 1 x 3000
3D = 1 x 400
2D = 1 x 70

Gabung sekarang juga dengan Agen Togel Terpercaya dan Terbaik Samuraitoto.com klik gambar dibawah.

samuraitoto

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*